Gerindra DKI Minta Perpisahan dan Study Tour Sekolah Tak Bebani Orang Tua

Dinas Pengajaran (Disdik) DKI Jakarta mengimbau semua satuan pengajaran tak menggelar acara perpisahan maupun study tour di luar lingkungan sekolah. Gerindra DKI mendukung sebab keselamatan perlu diperhatikan.
“Ya sebenarnya kan tak semua study tour itu berdampak buruk, kita juga sepatutnya akui secara jujur kadang kala study tour itu juga memberikan rasa kenangan cantik bagi para siswa yang akan meninggalkan sekolah,” ujar Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta slot depo qris Fraksi Gerindra, Rani Mauliani, saat dihubungi, Rabu (15/5/2024).

Rani mengatakan progres perpisahan maupun study tour di luar lingkungan sekolah perlu dikendalikan dengan bagus. Rani tak menyampingkan bahwa acara yang dilakukan di luar sekolah akan memberi kenangan tersendiri bagi para siswa

“Cuma saja mungkin dikendalikan dengan sebaik-bagusnya, dan tak musti di luar kota juga betul sih. Cuma kan kadang luar kota menjadi salah satu pilihan destinasi ya, sebab suasana yang ingin diperoleh kecuali kebersamaan juga ke tempat yang tak seperti umum membuat banyak cerita dan suasana bersuka ria,” ujarnya

Ia juga menyebut acara perpisahan maupun study tour tak boleh memberatkan pihak orang tua. Hal ini perlu dikendalikan agar bisa layak dengan kapasitas dan kemampuan orang tua siswa.

“Perihal tak memberatkan orang tua itu juga betul, semua bisa dikendalikan dengan bagus dan layak dengan kapasitas kemampuan,” kata Rani

Rani mengatakan musibah kecelakaan yang terjadi perlu dijadikan pelajaran bagi semua pihak. Salah satunya yakni masalah kelayakan armada yang dipakai.

“Jujur kita semua pasti punya kenangan saat masa perpisahan sekolah dahulu juga kan, apalagi kan kasus ini yakni musibah yang siapa bahkan pasti tak mengharapkan terjadi, mungkin bisa diambil pelajaran bagi banyak pihak, khususnya para pengusaha transportasi publik agar bisa menjaga armada kendaraannya selalu dalam kondisi yang mumpuni agar keselamatan para penumpang juga bisa dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Imbauan Disdik DKI
Dikenal, Disdik DKI Jakarta mengimbau semua satuan pengajaran tak menggelar acara perpisahan maupun study tour di luar lingkungan sekolah. Imbauan ini diperkenalkan setelah ada kecelakaan maut rombongan SMK Lingga Kencana Depok di Subang, Jawa Barat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pengajaran DKI Jakarta, Purwosusilo, mengatakan perpisahan murid diimbau tak digelar satuan pengajaran di luar area sekolah.