Jalur Masuk Universitas di Turki untuk Mahasiswa Indonesia

Nampaknya sebenarnya nama “Turki” jadi dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai negara tujuan untuk belajar. Hal ini aku sadari sendiri secara segera semenjak memperoleh amanah sebagai Kepala Kantor Hubungan Masyarakat (Humas) PPI Turki pada periode 2015-2016 bahwa berasal dari th. ke th. Turki tidak cuma dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai negara tujuan wisata tapi terhitung untuk pendidikan. Salah satu indikasinya adalah arus haus informasi para calon mahasiswa perguruan tinggi perihal profil pendidikan di Turki dan analisi kuota penerima beasiswa pemerintah Turki berasal dari Indonesia.

Di tulisan kali ini aku berkeinginan untuk coba menerangkan kepada rekan-rekan pelajar perihal Jalur Masuk Universitas di Turki untuk Mahasiswa Indonesia. Pembahasan ini aku amat anggap perlu sehingga rekan-rekan sekalian amat paham dan paham akan sistem pendidikan di negara yang akan di tuju. Dalam perihal ini adalah negara Turki.

Sistem pendidikan tinggi di Turki diatur oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Turki atau dalam bhs Turki disebut bersama Yüksek Öğrenim Kurulu (YÖK). Berikut adalah jalur-jalur masuk universitas di Turki untuk mahasiswa Indonesia yang menghendaki menyambung pendidikan di Turki :

Jalur Beasiswa Pemerintah Turki (Turkish Scholarship atau Turkiye Burslari)

Beasiswa pemerintah Turki atau yang lebih familiar bersama sebutan slot gacor 777 Turkish Scholarship merupakan beasiswa yang diberikan oleh Presidency of Turks Abroad plus Related Communities sebuah lembaga di bawah kelembagaan Perdana Menteri Republik Turki kepada para pelajar-pelajar asing di semua dunia untuk jenjang S1, S2 dan S3. Untuk rekan-rekan yang memiliki keinginan untuk menyambung pendidikan di Turki amat direkomendasikan ikuti jalur ini.

Turkish Scholarship merupakan jalur yang paling safe dan nyaman untuk menyambung pendiikan di Turki. Beasiswa pemerintah ini menjamin 100% cost hidup dan cost pendidikan di Turki, terhitung asuransi kebugaran dan asrama daerah tinggal. Saya menjelaskan bahwa jalur ini adalah jalur yang safe dikarenakan terkecuali suatu hari rekan-rekan memiliki masalah layaknya sakit dan lainnya maka pihak pemerintah Republik Turki lah yang segera menanggulangi problem yang kami miliki.

Dalam beberapa mekanisme pendaftaran beasiswa di beberapa negara. Terkadang kami diharuskan mendaftar sendiri di universitas yang terhitung dalam daftar program beasiswa dan kami baru mampu di terima dalam program beasiswa pemerintah terkecuali kami di terima di universitas tersebut. Program beasiswa pemerintah Turki atau Turkish Scholarship ini agak berbeda dikarenakan antara pendaftaran beasiswa dan pendaftaran universitas dikerjakan sejalan dan satu pintu. Hal ini memicu para calon penerima beasiswa jadi lebih ringan dalam melaksanakan pendaftaran.

Jalur Beasiswa Foundation (Yayasan)

Untuk jalur masuk universitas di Turki yang ke-2 adalah bersama ikuti program beasiswa yayasan-yayasan Turki yang membuka cabang di Indonesia. Untuk daftar yayasan-yayasan selanjutnya rekan-rekan mampu mendapatkannya bersama bertanya kepada PPI Turki.

Namun, aku privat tidak menganjurkan kepada rekan-rekan untuk ikuti jalur ini terkecuali yayasan yang bersangkutan tidak paham dan tidak masuk dalam daftar yayasan-yayasan yang diakui telah confirmed oleh PPI Turki dan KBRI Ankara.

Rekan-rekan terhitung harus perhatikan segala wujud perjanjian beasiswa yang diselenggarakan oleh yayasan selanjutnya sebelum rekan-rekan membuktikan diri terima beasiswa tersebut. Jangan sesampainya rekan-rekan tiba di Turki justeru berjalan banyak problem beasiswa dan lainnya terutama masalah dikarenakan yayasan selanjutnya diakui bermasalah secara administratif atau yang lainnya oleh pemerintah Turki.

Jalur Mandiri (Non-Mandiri)

Sesuai bersama namanya, jalur ini adalah berkuliah di Turki bersama cost sendiri atau bersama kata lain adalah non-beasiswa. Untuk rekan-rekan yang berminat untuk menyambung pendidikan di Turki bersama gunakan jalur ini amat dihimbau berhati-hati. Jika rekan-rekan gunakan jasa agen pendidikan di luar negeri maka amat direkomendasikan untuk melaksanakan pengecekan pada besaran cost yang dikenakan apakah sesuai bersama Booklet atau buku petunjuk kehidupan dan pendidikan yang diterbitkan oleh PPI Turki untuk jauhi hal-hal yang tidak diinginkan.