Pendidikan di Kota Bandung Menjadi Alasan Dari DPRD untuk Kwalitas Kurikulum

Cara zonasi sudah ditentukan sebagai salah satu cara penerimaan siswa baru menurut pada lokasi tempat tinggalnya. Sampai sekarang, ada pro kontra dari cara yang ditentukan sejak 2017 hal yang demikian.
Salah satu keluhan dari orang tua siswa adalah mempersulit sebagian tempat yang tidak memiliki sekolah negeri atau blind titik. Di Kota Bandung salah satu tempat yang masih belum ada SMP negeri adalah di Kecamatan Cinambo.

Dikonfirmasi belum lama ini, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Hikmat slot gacor thailand Ginanjar menyebut pihaknya berencana bakal membangun SMP di lokasi blind titik.

“Gampang di Cinambo itu menurut hasil rapat kami dengan BPN masuk wilayah BUT, jadi akan terkena jalan besar. Nanti kita akan cari lagi, jadi masih dalam cara kerja pencarian wilayah untuk SMP. Dia mudahan secepatnya kita bangun,” ujar Hikmat di Balai Kota Bandung sebagian waktu lalu.

Sementara itu Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Aries Supriyatna menyoroti seputar ini. Tapi menjelaskan bahwa dana pembangunan sekolah amat minim karena tanggungan membayar upah guru terutama honorer.

“Pembangunan sekolah itu sebenarnya rasanya tiap tahun anggaran ada. Tapi problemnya Disdik itu salah satu bidang yang sifatnya wajib dasar atau prioritas utama. Penyelenggaraan pendidikan hampir Rp 1,7 triliun sendiri. Tapi sebesar itu habis terpakai, salah satunya untuk honorarium guru kan ada 10 ribu lebih, belum pegawai negerinya itu menghabiskan sekitar 70%,” kata Aries dihubungi Senin (26/6/2023).

Aries menyebut hal ini menyebabkan alokasi anggaran untuk penyelenggaraan sekolah amat minim, hanya sekitar 30% dari sempurna anggaran. Secara buktinya uang hal yang demikian tidak hanya untuk pembangunan namun juga renovasi sekolah dan lainnya.

Menurutnya, pemerintah perlu langkah pasti untuk menggandeng sekolah swasta ketimbang menanti pembangunan sekolah negeri yang tidak kunjung terealisasi.

“Inilah yang kemudian seolah yang mengontrol program pembangunan sekolah baru. Jadi pemerintah itu dapat sebenarnya menggandeng sekolah swasta. Tak sekolah swasta yang hidup tidak mau mati tidak berharap itu, yang kurang berprestasi. Saling bantu ketimbang membutuhkan tarif yang terlalu besar untuk pembangunan,” lanjutnya.

Aries menjelaskan masyarakat wajib punya mindset yang baru. Karenanya melulu mengutamakan sekolah negeri. Kalau, masyarakat malahan dapat menimba ilmu dengan merata dan juga tidak mempermasalahkan soal cara zonasi.

“Di masyarakat masih ada image sekolah negeri minded. Masyarakat masih mikir masuk sekolah negeri lebih prestige atau lebih menjamin. Sedangkan sekolah swasta baik pasti mahal, jikalau sekolah negeri murah dan baik. Ada image tarif free jikalau negeri. Secara sebenarnya untuk masyarakat tidak mampu di jalur afirmasi kan negeri atau swasta pasti ditanggung. Tinggal negeri minded-nya itu yang perlu diubah. Nggak mungkin segala siswa ke negeri, jadi sebenarnya idealnya sekolah negeri itu untuk kalangan menengah ke bawah karena ada subsidi, menengah ke atas dapat menimba ilmu di swasta,”

Dalam kacamata para dewan, tidak ada dilema dalam cara zonasi yang sudah berjalan sebagian tahun ini. “Jadi zonasi itu ketentuan pusat yang amat positif. Apalagi kota Bandung kemacetannya luar umum, jadi salah satu manfaatnya mengurangi kemacetan agar pergerakan si kecil sekolah tidak jauh dari tempat tinggal. Jadi irit dan untuk keamanan juga,” ucap Aries.

“Nah cara baik ini wajib ditunjang infrastruktur yang memadai, ketersediaan sekolah yang memadai. Masih ada ketidakseimbangan jumlah infrastruktur. Ada yang blind titik, kurang ideal, dan lainnya. Penyelenggara pendidikan wajib menyamaratakan standar kualitas sekolah agar tidak ada lagi sekolah baik dan nggak baik. Bukan cara yang salah namun ada infrastruktur dan cara pikir yang perlu diubah,” tambah dia.

Terakhir, Aries malahan memberikan figur di Garut yang dapat menggratiskan pendidikan SD-SMP se-kabupaten. Berdasarkan usaha menggandeng sekolah swasta, dia malahan memberikan saran pada Pemkot Bandung untuk dapat mengontrol anggaran agar sekolah negeri dan swasta dapat digratiskan. Aries, hal ini bergantung dari political will pemimpin daerahnya.