Pengertian Pendidikan Secara Umum

Apa yang dimaksud bersama dengan pendidikan? Secara umum, pengertian pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan rutinitas sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu genereasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian.

Ada terhitung yang mengatakan definisi pendidikan adalah suatu usaha mengetahui yang ditunaikan secara sistematis didalam mewujudkan keadaan belajar-mengajar agar para peserta didik sanggup mengembangkan potensi dirinya. Dengan adanya pendidikan maka seseorang sanggup memiliki kecerdasan, akhlak mulia, kepribadian, kemampuan spiritual, dan keterampilan yang berfungsi bagi diri sendiri dan masyarakat.

Dalam bhs Inggris, kata pendidikan disebut bersama dengan Education dimana secara etimologis kata berikut berasal dari bhs Latin, yakni Eductum. Kata Eductum terdiri dari dua kata, yakni E yang berarti pertumbuhan dari didalam keluar, dan Duco yang berarti tengah berkembang. Sehingga secara etimologis makna https://htarcheryonline.com/ pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kemampuan individu.

Jadi, secara singkat pengertian pendidikan adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman pada suatu hal dan membuatnya jadi seorang manusia yang gawat didalam berpikir.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
Agar lebih mengetahui apa makna pendidikan, kami sanggup merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Ki Hajar Dewantara
Menurut Ki Hajar Dewantara, pengertian pendidikan adalah proses menuntun segala kemampuan kodrat yang tersedia pada anak-anak peserta didik, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota penduduk sanggup raih keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

2. Martinus Jan Langeveld
Menurut Martinus Jan Langeveld, pengertian pendidikan adalah upaya menolong anak untuk sanggup melaksanakan tugas hidupnya secara mandiri agar sanggup bertanggung jawab secara susila. Pendidikan merupakan usaha manusia dewasa didalam membimbing manusia yang belum dewasa menuju kedewasaan.

3. Ahmad D. Marimba
Menurut Ahmad D. Marimba, pengertian pendidikan adalah adalah bimbingan atau bimbingan secara mengetahui oleh pendidik terkandung pertumbuhan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya keperibadian yang utama.

4. Stella Van Petten Henderson
Menurut Stella Van Petten Henderson, makna pendidikan adalah kombinasi pertumbuhan, pertumbuhan diri dan warisan sosial.

5. Carter V. Good
Menurut Carter V. Good, pengertian pendidikan adalah proses pertumbuhan kecakapan individu didalam sikap dan prilaku bermasyarakat. Proses sosial dimana seseorang tergoda oleh suatu lingkungan yang terorganisir, layaknya tempat tinggal atau sekolah, agar sanggup raih pertumbuhan diri dan kecakapan sosial.

6. Undang-Undang Republik Indonesia
Menurut UU No. 20 Tahun 2003, pengertian pendidikan adalah usaha mengetahui dan terencana untuk mewujudkan keadaan belajar dan proses pembelajaran agar pesertadidik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kemampuan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan juga keterampilan yang dibutuhkan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.