Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik dan Disukai Anak

Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik dan Disukai Anak

Pasti kalian bertanya-tanya, sebenarnya apa yang dimaksud dengan mainan edukatif? Mainan edukasi anak adalah mainan yang dapat meningkatkan kemampuan anak dan membantu mereka belajar tentang suatu hal. Beberapa kemampuan yang dapat meningkat kecerdasan anak tersebut adalah seperti kemampuan fisik, motorik kasar dan halus, kemampuan berpikir serta kemampuan psikososial anak-anak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mainan memiliki arti alat untuk bermain atau barang yang dipermainkan. Mainan sendiri ada berbagai macam jenisnya, dan salah satu mainan yang sangat penting saat masa tumbuh kembang anak-anak adalah mainan edukasi anak.

Sebagai orang tua yang baik, kalian juga harus bisa memberikan mainan edukasi anak yang tepat bagi si kecil. Hal ini karena dalam setiap usia dan masa pertumbuhan anak-anak, mereka mempunyai pemahaman serta kemampuan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, bagi anak-anak yang masih berusia sekitar 6 bulan, kalian tidak seharusnya memberikan mainan balok susun untuk anak usia 3-5 tahun atau sebaliknya.

Hal ini karena pada usia sekitar 6 bulan, mereka belum tentu mempunyai situs judi bola kemampuan menggenggam yang baik dan bahkan belum paham apa yang harus mereka lakukan dengan mainan tersebut. Karena dengan memberikan mainan yang edukatif untuk anak, tentu akan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan untuk tahapan tumbuh kembang anak yang optimal. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang mainan edukasi anak 1 tahun hingga 5 tahun yang perlu kalian ketahui.

Daftar Mainan Edukasi Anak Untuk Usia 1-5 Tahun

Apa saja mainan edukasi anak? Ada banyak sekali, lho! Berikut ini adalah beberapa daftar mainan edukasi anak untuk usia 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun hingga 5 tahun.

1. Balok Kayu Geometri

Mainan edukasi anak untuk usia 4-5 tahun yang pertama adalah balok kayu geometri. Mainan yang satu ini sangat cocok untuk memperkenalkan beragam bentuk dasar seperti lingkaran, segitiga, segiempat dan masih banyak lagi. Selain bentuk, kalian juga bisa memperkenalkan beragam macam warna kepada anak-anak. Cara memainkan permainan juga cukup beragam, ada yang dimainkan dengan cara disusun, dimasukan ke dalam suatu tempat atau wadah dengan mencocokan bentuknya dan masih banyak lagi.

2. Puzzle Angka dan Huruf

Mainan edukasi anak yang kedua adalah puzzle angka dan huruf. Mainan ini tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin memperkenalkan angka dan huruf kepada anak-anak dengan cara belajar yang menyenangkan. Cara memainkan permainan ini juga hampir mirip dengan balok kayu geometri, yaitu dengan cara mencocokkan bentuk dari angka dan huruf dengan wadah yang disediakan.

3. Buku Bergambar

Mainan edukatif selanjutnya adalah buku bergambar. Menggambar tentunya bukan suatu hal yang baru bagi semua orang. Buku bergambar juga merupakan salah satu mainan edukatif anak usia 1-3 tahun. Buku bergambar ada banyak jenisnya, namun tetap memiliki tujuan atau manfaat yang sama, yaitu untuk menambah informasi, pengetahuan, kreativitas dan kemampuan anak yang lainnya. Beberapa jenis buku gambar tersebut adalah seperti buku gambar yang sudah lengkap dengan gambar, warna dan keterangan dari suatu gambar, ada juga yang mengharuskan anak-anak untuk mewarnai suatu gambar atau menuliskan apa yg ada pada gambar tersebut.

4. Mainan Masak-Masakan

Rekomendasi mainan edukasi anak untuk usia 2 tahun selanjutnya adalah masak-masakan. Mainan yang satu ini sangat cocok untuk dimainkan oleh anak-anak dan juga teman-teman mereka, atau kalian juga bisa menemai anak-anak saat bermain mainan ini. Mainan masak-masakan juga kini sudah tersedia banyak di situs jual beli online dan kalian bisa mendapatkannya dengan mudah. Agar lebih seru saat memainkan mainan ini, kalian bisa menggunakan beberapa produk dari seperti Pizza,  Big Burger, atau Noodles yang memiliki bentuk seperti makanan yang menarik, rasa enak dan bergizi tinggi.

5. Mainan Dokter-Dokteran

Bermain peran juga termasuk salah satu jenis permainan edukasi anak yang dapat kalian mainkan bersama anak-anak. Salah satu peran yang bisa kalian coba adalah permainan peran menjadi dokter. Cara memainkan permainan ini juga cukup mudah, kalian bisa menyediakan beberapa mainan peralatan dokter yang bisa dengan mudah ditemukan di situs jual beli online, lalu memainkan permainan ini dengan memilih peran menjadi pasien atau dokter.

6. Lilin Mainan

Lilin mainan sudah terkenal sebagai salah satu permainan edukasi anak zaman dulu. Melalui mainan ini, anak-anak bisa membuat lilin tersebut menjadi berbagai macam bentuk sesuai dengan imajinasi mereka. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan kreativitas anak-anak dan melatih kemampuan otot tangan dan jari-jari mereka. Mainan yang satu ini ternyata juga bisa membuat anak-anak menjadi lebih tenang.

7. Bermain Bola

Mainan edukasi anak yang sangat cocok untuk anak laki-laki usia 2 tahun hingga 5 tahun adalah bermain bola. Bermain bola akan jauh lebih baik dilakukan di alam terbuka agar lebih menyenangkan dan memberikan beragam manfaat bagi anak-anak.

8. Alat Musik Mainan

Mainan apa yang paling disukai anak-anak? Musik adalah salah satunya. Musik merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak. Karena hal tersebut, kalian dapat mulai memperkenalkan musik kepada anak-anak melalui beberapa alat musik mainan ini. Beberapa hal yang bisa mulai kalian perkenalkan adalah seperti tangga nada sederhana, irama dan masih banyak lagi. Mainan yang mendidik ini bisa kalian dapatkan dengan mudah di berbagai situs jual beli online.