Sekolah Terbaik Indonesia Masih Didominasi Pulau Jawa

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) baru saja mempublikasikan data sekolah terbaik di Indonesia.

Berdasarkan berita LTMPT, tahun ini terdapat 777.858 peserta ujian yang berasal dari 23.110 sekolah, bagus Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) sederajat di 34 provinsi negeri ini.

Jikalau dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, terdapat kenaikan yang cukup signifikan.

Tahun 2020 lalu, 21.302 sekolah yang berpartisipasi. Dari sisi jumlah peserta, tercatat sebanyak 662.404. Artinya, terdapat peningkatan sampai 17,4 persen peserta.

Peningkatan peserta dan jumlah sekolah tampaknya slot77 tidak banyak mengubah konfigurasi mutu pendidikan di negeri ini.

Dengan mengambil acuan 1.000 sekolah papan atas yang dipublikasikan LTMPT, tidak banyak perubahan yang terjadi.

Berdasarkan Peneliti Litbang Penunjuk Bestian Nainggolan, sekolah-sekolah yang berasal dari wilayah Pulau Jawa masih nampak mendominasi menjadi sekolah terbaik.

“Sekalipun nampak sebagian sekolah di luar Jawa yang tergolong berprestasi tinggi, tetapi dalam hitungan jari. Keadaan inilah yang menjadi potret ketimpangan mutu pendidikan di negeri ini,” ungkap ia dalam keterangan resminya, Kamis (7/10/2021).

Gambarannya, dari 1.000 sekolah yang dikaji, sebanyak 806 sekolah berasal dari enam provinsi di Pulau Jawa.

Artinya, kata ia, empat dari lima sekolah-sekolah yang masuk posisi 1.000 besar peraih poin tertinggi UTBK, berasal dari Jawa.

Sebaliknya, cuma satu dari lima sekolah terbaik itu berasal dari luar Pulau Jawa.

Sekolah terbaik banyak di Provinsi Jateng

Jikalau diurutkan, di Pulau Jawa, nampak seandainya Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang paling banyak menempatkan sekolah di papan atas.

Ia menyebut, dikala ini tercatat 211 sekolah yang masuk 1000 sekolah poin rata-rata UTBK teratas.

Dibandingkan tahun 2020, capaian dikala ini meningkat cukup signifikan. Tahun lalu, sebanyak 187 sekolah di Jawa Tengah masuk papan atas nasional.

Posisi kedua diduduki Provinsi Jawa Barat (Jabar). Kali ini, sebanyak 169 sekolah masuk papan atas.