Beasiswa LPDP 2024

Syarat, Cara Daftar, dan Jadwal Beasiswa LPDP 2024 Tahap 1

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 bagian 1 udah diakses terasa hari ini, Kamis (11/1/2024). Bila anda lolos dan jadi penerima beasiswa LPDP 2024, maka ada banyak benefit yang diperoleh, layaknya kuliah gratis di di dalam atau luar negeri, cost hidup per bulan, cost transportasi, dan lainnya.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk mendaftar beasiswa LPDP tahap 1, anda mesti paham terutama dahulu berkaitan persyaratan, cara daftar, dan jadwalnya layaknya di bawah ini di link berikut https://www.smkbintangcendekia.com/.

Syarat daftar beasiswa LPDP 2024

Beasiswa LPDP 2024 mempunyai 21 tipe beasiswa untuk jenjang S2 dan S3. Setiap beasiswa mempunyai syarat-syarat yang berbeda-beda. Mulai berasal dari minimal IPK, minimal umur selagi mendaftar, dan syarat-syarat lainnya.

Masa pendanaan beasiswa S2 single degree, joint degree atau dua gelar (double degree) bakal didanai paling lama 24 bulan. Sedangkan untuk jenjang S3 (Doktor) single degree, joint degree atau dua gelar (double degree) bakal didanai paling lama 48 bulan.

Ketentuan mengenai program Double Degree/Joint Degree diatur di dalam Buku Panduan Program Double Degree/Joint Degree Tahun 2024.

Nah, berkaitan syarat-syarat umum beasiswa LPDP 2024, sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia.

2. Telah selesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister, dan program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor.

3. Pendaftar yang udah selesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar terhadap program beasiswa magister dan pendaftar yang udah selesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar terhadap program beasiswa doktor.

4. Bagi pendaftar jenjang doktor terhadap semua program Beasiswa LPDP yang merupakan lulusan dokter spesialis atau dokter subspesialis mampu memakai transkrip nilai dokter spesialis atau dokter subspesialis sebagai bukti pemenuhan syarat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terhadap tiap-tiap program.

6. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri terhadap jenjang pendidikan sebelumnya, mesti melampirkan:

  • Hasil penyetaraan ijazah berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi lewat laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama lewat laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/.
  • Hasil konversi IPK berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi lewat laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama lewat laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/.
  • Tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK terhadap laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama mengenai penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK-nya belum terbit.

7. Pendaftar yang sedang menempuh studi (on going) mampu mendaftar dengan ketetapan berikut:

  • Mendaftar terhadap program studi dan/atau perguruan tinggi target yang tidak serupa berasal dari yang sedang ditempuh.
  • Pendaftar yang lulus seleksi substansi mesti memicu dan menandatangani surat pengunduran diri yang ditujukan kepada perguruan tinggi atas program studi yang sedang ditempuh dan juga memberikan surat tersebut kepada LPDP paling lambat 2 (dua) pekan sehabis diumumkan lulus seleksi substansi.
  • Pendaftar mesti untuk menyerahkan surat pemberhentian resmi berasal dari program studi atau perguruan tinggi sebelum penandatanganan surat pernyataan Penerima Beasiswa.
  • Bagi pendaftar yang lulus seleksi substansi dan tidak memenuhi ketetapan tersebut di atas, maka LPDP mampu membatalkan statusnya sebagai Calon Penerima Beasiswa.

8. Bagi pendaftar yang selesaikan studi dan mendapat gelar sebelum pengumuman seleksi substansi, maka LPDP mampu membatalkan statusnya sebagai Calon Penerima Beasiswa.

9. Pendaftar yang dulu menempuh studi namun tidak selesaikan studi terhadap program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi di dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri mampu mendaftar Beasiswa LPDP di jenjang studi yang serupa dan dibuktikan dengan surat pemberhentian/ sejenisnya sebagai mahasiswa berasal dari perguruan tinggi tersebut.

10. Melampirkan surat anjuran cocok dengan syarat-syarat tiap-tiap program yang diterbitkan paling lama 1 (satu) th. di bulan yang serupa dengan selagi pendaftaran beasiswa. Surat anjuran mampu disampaikan dengan dua cara:

  • Surat Rekomendasi Online Form, disampaikan dengan cara menginput data pemberi anjuran lewat aplikasi pendaftaran yang terdiri berasal dari nama perekomendasi, instansi, jabatan, email aktif dan nomor handphone. Selanjutnya, LPDP bakal mengirimkan email kepada perekomendasi untuk mengisikan anjuran yang lantas dikirimkan (submit) kepada LPDP.
  • Surat Rekomendasi Offline Form (unggahan) yang ditandatangani oleh pemberi rekomendasi, disampaikan dengan cara mengunggah dokumen terhadap aplikasi pendaftaran dan juga mengisikan data bulan dan th. surat tersebut diterbitkan atau ditandatangani (contoh format terlampir).

11. Bagi pendaftar berstatus PNS dan CPNS di semua program beasiswa LPDP mesti melampirkan surat usulan atau surat anjuran yang ditujukan kepada LPDP minimal berasal dari pejabat setingkat eselon II yang membidangi pembinaan/pengembangan SDM terhadap Kementerian/ Lembaga atau Pemerintah Daerah tempat pendaftar bekerja dengan ketentuan:

Mengusulkan atau menganjurkan pendaftar untuk ikuti program Beasiswa LPDP dan mencantumkan Nama Lengkap dan juga Nomor Induk Pegawai (NIP) pendaftar.

12. Bagi pendaftar berstatus prajurit TNI di semua program beasiswa LPDP mesti melampirkan surat usulan atau surat anjuran yang ditujukan kepada LPDP minimal pejabat yang membidangi pembinaan SDM terhadap Mabes TNI/TNI AD/TNI AL/TNI AU untuk ikuti program beasiswa LPDP.

13. Bagi pendaftar berstatus anggota POLRI di semua program beasiswa LPDP mesti melampirkan surat usulan atau surat anjuran yang ditujukan kepada LPDP minimal pejabat yang membidangi pembinaan SDM terhadap Mabes POLRI untuk ikuti program beasiswa LPDP.

14. Memilih perguruan tinggi target dan program studi cocok dengan ketetapan LPDP.

15. Beasiswa cuma diperuntukkan untuk kelas reguler atau kelas yang ditetapkan oleh LPDP, dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:

  • Kelas Eksekutif
  • Kelas Khusus
  • Kelas Karyawan
  • Kelas Jarak Jauh
  • Kelas yang diadakan bukan di perguruan tinggi induk
  • Kelas Internasional bagi pendaftar target studi di dalam negeri
  • Kelas yang diadakan di lebih berasal dari 1 (satu) negara perguruan tinggi
  • Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketetapan LPDP.

16. Menyetujui surat pernyataan yang udah di sediakan terhadap aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP (poin-poin terlampir).

17. Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan (tidak lulus) terhadap aplikasi pendaftaran.

18. Menulis komitmen lagi ke Indonesia, konsep pasca studi, dan konsep kontribusi di Indonesia.

19. Menulis proposal penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.

20. Jika pendaftar mempunyai publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi maka pendaftar mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi terhadap aplikasi pendaftaran.

21. Memenuhi ketetapan batas umur pendaftar terhadap 31 Desember di th. pendaftaran cocok tiap-tiap tipe beasiswa.

22. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketetapan cocok tiap-tiap beasiswa.

23. Mengunggah dokumen sertifikat kekuatan bhs Inggris yang diterbitkan paling lambat terhadap 2 (dua) th. terakhir berasal dari th. pendaftaran beasiswa oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com), atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketetapan cocok tiap-tiap tipe beasiswa.

24. Melampirkan surat anjuran berasal dari tokoh masyarakat atau akademisi (dapat memilih online form atau unggah).

Cara daftar beasiswa LPDP 2024

  • Mendaftar secara online terhadap website Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  • Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan terhadap aplikasi pendaftaran
  • Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.
  • Pastikan dokumen-dokumen pendukung, layaknya surat Rekomendasi, surat keterangan atau sejenis yang diterbitkan terhadap th. 2024 dan cocok ketetapan LPDP. Informasi detail berkaitan
  • dokumen mampu dicermati terhadap booklet atau buku anjuran tiap-tiap program terhadap laman resmi LPDP.

Jadwal beasiswa LPDP 2024 Tahap 1

Berikut jadwal beasiswa LPDP 2024 tahap 1, sehingga anda tidak tidak benar di dalam melakukan pendaftaran:

  • Pembukaan Pendaftaran: 11 Januari – 12 Februari 2024
  • Seleksi Administrasi: 15 – 28 Februari 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 1 Maret 2024
  • Masa Sanggah Hasil Seleksi Administrasi: 2 – 3 Maret 2024
  • Pemrosesan Sanggah Hasil Seleksi Administrasi: 4 – 8 Maret 2024
  • Pengumuman Hasil Sanggah Seleksi Administrasi: 14 Maret 2024
  • Seleksi Bakat Skolastik: 18 – 22 Maret 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: 27 Maret 2024
  • Seleksi Substansi: 2 April – 31 Mei 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Substansi: 10 Juni 2024
  • Mulai Perkuliahan Paling Cepat: Juli 2024